Sabtu, 08 Januari 2011


TERM OF REFERENCE (TOR)
GAMBARAN PELAYANAN GIZI DI PUSKESMAS SIMBANG
KECAMATAN SIMBANG KABUPATEN MAROS
TAHUN 2010

A.      Dasar Pemikiran
Kesehatan merupakan unsur utama kesejahteraan umum yang dapat membawa masa depan Indonesia mencapai pembangunan kesehatan yang lebih baik, maka perlu ditingkatkan kesadaran dan kemampuan seseorang untuk hidup sehat agar dapat meningkatkan derajat kesehatan yang optimal. Kesehatan juga ditujukan untuk memberantar penyakit, peningkatan sarana air bersih, kebersihan lingkungan dan penyuluhan kesehatan untuk meningkatkan prilaku sehat yang dimulai sedini mungkin.
Pembangunan kesehatan masyarakat merupakan faktor yang sangat penting sebab adanya jiwa dan raga yang sehat setiap insan maupun untuk membangun diri dan lingkungannya. Salah satu upaya mencapai kesehatan itu sendiri adalah melalui penyehatan lingkungan.
Keberhasilan pembangunan kesehatan sangat ditentukan oleh peran aktif masyarakat dalam penyelenggaraan upaya kesehatan yang didukung oleh tenaga profesional, tenaga-tenaga yang handal dapat memikirkan berbagai kegiatan dan produktif serta menanamkan hidup sehat dan bersih.
STIK TAMALATEA sebagai salah atu institusi pendidikan menyiapkan tenaga-tenaga kesehatan yang professional terutama dalam bidang peningkatan kesehatan yang harus mendesain dan menyusun rangkaian kurikulum pelaksanaan magang agar mahasiswa dapat memahami dan memperoleh pengalaman serta wawasan dalam kerja khususnya bidang kesehatan.
Pelaksanaan kegiatan magang setiap program pelayanan kesehatan selalu dilakukan dengan perencanaan yang disajikan daftar usul. Hal ini dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah disajikan dalam program magang.
B.       Tujuan
1.      Tujuan umum
a.       Untuk mendapatkan kemampuan professional dibidang kesehatanyang merupakan kemampuan spesifik yang harus dimiliki oleh seorang tenaga kesehatan.
b.      Meningkatkan daya saing didunia kerja sesuai dengan bidang yang diminati.
2.      Tujuan khusus
Mengetahui palaksanaan program ini, sehingga peserta magang diharapkan dapat mengetahui dan memahami sejauh mana program penyehatan lingkungan dalam meningkatkan kesehatan lingkungan serta dapat membina hubungan yang lebih antara  perguruan tinggi dengan institusi tempat magang.
C.      Jenis Kegiatan
Bersama petugas puskesmas mengidentifikasi masalah-masalah lingkungan yang ada di wilayah kerja puskesmas.
Bersama petugas puskesmas melihat bagaimana masalah lingkungan khususnya limbah cair disertai dengan mengusahakan perencanaan program penyehatan lingkungan.
D.      Pengorganisasian
1.      Tempat Magang
Kegiatan magang dilaksanakan di Puskesmas Simbang Kecamatan Simbang kabupaten Maros.
2.      Pelaksanaan magang dimulai tanggal 31 Mei 2010 sampai dengan 26 Juni 2010.
3.      Pembimbing
a.       Pembimbing lapangan      : Ir. Hj. Abdiani Toalu, M.Si
b.      Pembimbing Institusi       : Nining Saputri, SKM
E.       Penutup
Demikian TOR yang penulis sajikan dan diharapkan pelaksanaan program magang ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan dan dapat dikerjakan dengan penuh rasa tanggung jawab agar tercapainya program-program yang akan dilaksanakan, dengan demikian diharapkan bantuan dan partisipasi dari berbagai pihak yang terkait baik dari pihak institusi maupun pada tempat pelaksanaan magang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar